Apakah Gula Larut Dalam Air Jika Tidak Diaduk?

Jawabannya adalah tidak, tidak terjadi secara cepat. Berarti larut dong? Iya, gula akan larut walaupun tidak diaduk.

Biar lebih afdol, mari ikuti cerita saya bagaimana bisa sampai pada kesimpulan ini..




Ketika gula diceburkan ke dalam air dan diaduk-aduk dengan bantuan sendok, gula tidak akan bertahan lama.

Ia akan larut dan bercampur sempurna dengan air.

Sebagai efeknya, air yang sudah disusupi gula ini akan berasa manis. Dan memang seperti itulah sifat gula, larut dalam air dan rasanya enak..

Jika tidak diaduk

Ada sesuatu yang menggelitik pikiran saya ketika gula larut dengan cepat dalam adukan sendok, apakah hal yang terjadi jika hanya didiamkan?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, gula akan larut..
Ya, larut dan tidak berbekas..

Percobaan 1

Saya mengisi gelas dengan air seperempat bagian saja dan gula setengah sendok. Gelas inipun saya amankan agar tidak ada yang mengganggunya sama sekali.

Setelah 1 hari, gula ternyata masih bisa saya lihat dengan jelas..

Nah, dihari kedua bukti bahwa gula larut jika tidak diaduk benar-benar saya lihat. Gulanya sudah tidak ada dalam bentuk gelondongan.

Percobaan 2

Tidak puas dengan hanya sekali percobaan, kembali saya tambahkan gula ke dalam gelas yang tadi. Ukurannya sama, setengah sendok.

Keesokan harinya, gula masih terlihat.

Dan dihari kedua, lagi-lagi gula sudah hilang ditelan air. Seluruhnya hilang tanpa bekas..

Dan sesuai dugaan, setelah airnya saya cicipi, rasanya manis. Berarti ini membuktikan kalau gula sudah tercampur dengan air.

Prosesnya lambat

Tidak terbantahkan lagi kalau gula yang hanya dibiarkan bengong dalam air akan larut dalam waktu yang jauh lebih lama jika dibandingkan ketika diaduk.

Gula dengan satu sendok penuh akan langsung tak mampu menahan gempuran adukan sendok ketika diputar bersama air.

Ia hilang dalam hitungan detik.

Nah, yang sebaliknya terjadi jika hanya didiamkan. Tidak ada yang mengganggu gula dalam perenungannya dalam air sehingga hanya larut sedikit demi sedikit saja.

Jadi itulah kesimpulan percobaan ini, bahwa gula akan larut walau didiamkan saja dalam air. Tapi ini terjadi dalam waktu yang jauh lebih lama..

Trus mengapa gula larut lebih cepat ketika diaduk? Silahkan baca dibawah ini ya!!


Post a Comment for "Apakah Gula Larut Dalam Air Jika Tidak Diaduk?"