Berbagai Manfaat Baik Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia

Tumbuhan adalah ciptaan Tuhan yang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Coba deh perhatikan disekeliling anda, pasti ada tumbuhan yang melambai-lambaikan dedaunannya kan?


Rasanya senang sekali kan melihat pepohonan yang bergoyang kanan kiri karena digoda angin sepoi-sepoi? Udarapun menjadi lebih sejuk jika disekitar rumah banyak pohon yang berdiri dengan kokohnya.

Beragam manfaatnya

Mulai dari yang paling pendek hingga yang paling tinggi, tumbuhan sangat memudahkan hidup kita sehari-hari, bahkan ia memainkan peran super penting dalam kelangsungan hidup manusia dan hewan.

Kenapa bisa begitu?
Jawaban dari pertanyaan ini akan terlihat dengan gamblang pada manfaat no satu dibawah ini.


1. Penghasil oksigen

Kita tidak bisa hidup tanpa oksigen. Gas ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses pembakaran zat makanan sehingga menjadi energi. Kalau gas ini tidak tersedia, kehidupan manusia dan hewan pasti musnah.

Oksigen dihasilkan oleh tumbuhan lewat proses fotosintesis.

Fotosintesis sendiri memainkan peran yang sangat penting dan tidak hanya menghasilkan oksigen saja. Zat makanan juga diproduksi oleh tumbuhan dan disalurkan ke seluruh bagian tumbuhan. Selain itu, tumbuhan menyerap dan memanfaatkan gas karbondioksida (CO₂).

Gas ini terkenal karena mampu membuat tameng di udara yang membuat suhu udara di bumi semakin panas. Jika semakin banyak tumbuhan yang memanfaatkan karbondioksida, maka jumlahnya diudara semakin sedikit dan membuat suhu tidak panas.



2. Sumber makanan

Karena bisa melakukan fotosintesis itulah tumbuhan mampu menghasilkan zat makanan yang nantinya dimanfaatkan oleh hewan ataupun manusia.

Daun-daun dijadikan menu utama oleh hewan sedangkan umbi-umbian bisa dimanfaatkan langsung oleh kita. Jadi dengan mengandalkan bantuan dari tumbuhan, kita terus mendapatkan sumber energi untuk hidup dan bekerja.


3. Untuk bahan bangungan

Kayu jati, kamper, kelapa dan beberapa jenis lainnya menjadi primadona untuk membuat bangunan dan perabotan rumah tangga.

Coba perhatikan beberapa bagian rumah seperti pintu, jendela, meja dan kursi, semuanya berasal dari tumbuhan yang memiliki batang kokoh.


4. Obat-obatan

Jahe dan kunyit adalah dua jenis tanaman rumah yang sangat sering digunakan untuk obat-obatan. Jahe bisa dicampurkan dengan minuman yang mampu membuat tubuh menjadi hangat dan lebih bugar.

Kalau kunyit bisa digunakan untuk mengobati luka karena tergores.

Itu baru dari dua jenis saja, masih banyak jenis tumbuhan lain yang sering dijadikan penghalau penyakit yang ada dalam tubuh. Dan Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam hayati, berupa tumbuhan, yang mampu dijadikan obat.

Buah-buahan juga dijadikan sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap bugar, sehat dan fit.


5. Pupuk

Sisa-sisa tumbuhan yang sudah kering bisa diolah dan disulap menjadi kompos. Kompos ini adalah pupuk organik yang sangat ramah lingkungan dan tidak menggerus kesuburan tanah , tapi malah semakin meningkatkannya. Beda sekali dengan pupuk kimia..

Mengolah sisa-sisa tumbuhan ini sangatlah mudah dan hanya membutuhkan kemauan saja..

Coba deh lihat di hutan, mana ada yang memupuk tumbuhan dan pepohonan besar disana. Mereka memupuki dirinya sendiri dengan daun-daun dan ranting yang berjatuhan dan akhirnya lapuk sehingga bercampur dengan tanah.

Hutanpun tetap subur.


6. Menjaga air tanah

Pohon-pohon dan tanaman lain yang hidup di hutan mampu menjaga persediaan air tanah. Pepohonan ini mencegah air tidak langsung mengalir turun menuju daratan yang lebih rendah, ia mampu menahan aliran air dan memberikan kesempatan baginya untuk merasuk dan meresap ke dalam tanah.

Air tanah pun terjaga persediaannya dan membuat kita bisa memanfaatkannya ketika musim kemarau sedang berlangsung.

Air tanah ini juga bisa menjadi sumber air bagi sungai-sungai besar di dunia dan membuat banyak kehidupan tetap berlangsung.


7. Mencegah banjir dan longsor

Masih mirip dengan nomor 6 diatas, pepohonan yang mampu menahan air dan membuatnya meresap ke dalam tanah, mampu mencegah air deras ketika hujan langsung menyerbu daerah yang dibawahnya.

Banjirpun bisa dihindari..

Longsor pun sama, ketika air sudah banyak yang masuk ke dalam tanah, ia tidak memiliki kesempatan untuk menggerus tanah di daerah tinggi sehingga tanah dan lumpur yang bergerak ke bawah tidak terlalu banyak.


8. Sumber pekerjaan

Para petani berhasil mendapatkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari berkat keberhasilannya mengolah tanaman untuk dijual.

Contohnya padi dan sayur mayur.

Padi dan sayuran adalah makanan yang sangat diperlukan oleh semua manusia dan itulah yang membuat para petani terus mendapatkan penghasilan.


9. Untuk rekreasi

Cobalah berkunjung ke taman bunga, pastinya kita akan sangat senang berada disana dan merasa sangat rileks. Ini cocok sekali untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang setelah digempur tugas-tugas berat.

Berekreasi ke taman bunga bisa menjadi pilihan menarik di akhir pekan.


10. Penelitian dan pendidikan

Tumbuhan menjadi satu subjek yang sangat sering diteliti oleh para ahli di berbagai belahan bumi, baik untuk mengetahui sifat-sifatnya ataupun manfaat baik apa saja yang bisa diperoleh darinya.

Dengan sering melakukan penelitian seperti ini, para ahli akan semakin mendapatkan gambaran yang baik mengenai sifat suatu tumbuhan dan pada akhirnya akan digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.


11. Membuat kertas

Sudah pada tahu kan kertas yang kita pakai setiap hari berasal dari tumbuhan? Ya pohon-pohon tertentu sering diolah untuk dijadikan kertas dan membantu proses belajar atau pembuatan dokumen menjadi semakin mudah. Contoh kayu yang sering diolah adalah akasia dan pinus.

Bukan hanya kertas saja, tissu yang sehari-hari dipakai pun terbuat dari kayu lho..

Jadi...

Manfaat tumbuhan sangat banyak sekali kan? Jika bisa diolah dengan baik akan mendatangkan keuntungan yang berlipat dan membuat kesejahteraan kita semakin baik. Berbekal negara kita sangat kaya dengan tumbuhan, ini bisa dijadikan peluang besar untuk semakin meningkatkan taraf hidup banyak orang..

Post a Comment for "Berbagai Manfaat Baik Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia"