Inilah Negara Yang Paling Pertama Mengalami Pagi Hari

Tahu kan GMT?

Greenwich Mean Time. Itu lho waktu standar yang dijadikan patokan diseluruh dunia dan sekarang sudah banyak yang menggunakan UTC (Coordinate Universal Time).


Waktu SD saya ingat banget dengan pelajaran yang satu ini..

Setelah lama tidak bergelut dengan GMT, tiba-tiba saya menemukan artikel yang membahas tentangnya dan memori pun kembali terbang ke masa lalu ketika menyerap materi ini di sekolah.

Tanpa sadar, tiba-tiba saja pikiran disentil mengenai "negara apa yang paling cepat mengalami pagi hari".


Menggunakan bantuan GMT

Segera saya mengubek google dan disarankan meluncur ke situs "greenwichmeantime.com".

Disana saya menemukan petunjuk yang sangat jelas dan membantu menemukan negara yang paling cepat disiram sinar matahari pagi.

perbandingan waktu di Kiribati dan GMT (greenwichmeantime.com)
Nah, gambar diatas saya tangkap dari situs greenwichmeantime.com.

Kiribati mempunyai zona waktu GMT + 14.

Artinya apa?
Kiribati  waktunya 14 jam lebih cepat dari GMT dan inilah satu-satunya zona waktu yang paling cepat.

Kalau di Indonesia, Jakarta, GMT + 7.

Jadi dengan memiliki waktu yang 14 jam lebih cepat dari GMT, maka Kiribati adalah negara yang paling pertama disorot oleh matahari.

Kalau di Indonesia, Jakarta, 7 jam setelah Kiribati mengalami pagi, barulah kita yang merasakan siraman sinarnya.

Trus Kiribati itu dimana ya?

Kiribati adalah negara yang terletak di samudra pasifik tengah. Budayanya mirip dengan Hawai, sekilas saya lihat dari foto. (sumber : wikipedia.org).

Andapun bisa melacak negara ini lebih detail dan mendalam di wikipedia.org. Disana sudah dijelaskan secara lengkap berbagai aspek yang berhubungan dengannya.

Rasa penasaran sudah terobati kan?
Kita jadi tahu negara mana yang mengalami pagi paling cepat di bumi ini.

Ialah Kiribati.


Baca juga :

Post a Comment for "Inilah Negara Yang Paling Pertama Mengalami Pagi Hari"